Wednesday, February 15, 2012

Rekaman Dari Supernova


Rekaman Dari Supernova - Gambar ini mengkombinasikan data dari empat teleskop ruanguntuk membuat tampilan multi-panjang gelombang dari semua yang tersisa dari RCW86, contoh didokumentasikan tertua dari supernova. Astronom Cina menyaksikanperistiwa itu di 185 AD, mendokumentasikan sebuah "bintang tamu"misterius yang tetap di langit selama delapan bulan. Gambar sinar-X dari NASAChandra X-ray Observatory dan XMM-Newton milik Badan Antariksa Eropa Observatoriumdigabungkan untuk membentuk warna biru dan hijau pada gambar. Sinar-Xmenunjukkan gas antar bintang yang telah dipanaskan sampai jutaan derajat olehbagian dari gelombang kejut dari supernova.

RCW 86
Photo : digg.com

Data inframerah dari Spitzer Space Telescope NASA dan WISE,Wide-Field Infrared Survey Explorer, yang ditunjukkan dengan warna kuning danmerah, mengungkapkan debu memancar pada suhu beberapa ratus derajat di bawahnol, hangat dibandingkan dengan debu normal dalam galaksi Bima Sakti kita.

Dengan mempelajari sinar-X dan data inframerah, paraastronom mampu menentukan bahwa penyebab ledakan itu supernova Tipe Ia, di manasebuah kerdil putih jika tidak-stabil, atau bintang mati, didorong melampauiambang stabilitas ketika pendamping bintang dibuang bahan ke atasnya.Selanjutnya, para ilmuwan menggunakan data untuk memecahkan misteri lainsekitarnya sisa - bagaimana itu bisa menjadi begitu besar sedemikian waktusingkat. Dengan meniup angin sebelum meledak, kurcaci putih mampu membersihkansebuah "rongga," besar sebuah wilayah sangat kepadatan rendah sekitarsistem. Ledakan ke dalam rongga ini mampu mengembangkan lebih cepat daripadasebaliknya akan miliki.

Ini adalah pertama kalinya bahwa jenis rongga telah terlihatdi sekitar sistem kerdil putih sebelum ledakan. Para ilmuwan mengatakanhasilnya mungkin memiliki implikasi yang signifikan untuk teori putih kerdilsistem biner dan Jenis supernova Ia.

RCW 86 adalah sekitar 8.000 tahun cahaya. Pada sekitar 85tahun cahaya diameter, menempati wilayah langit dalam konstelasi Circinusselatan yang sedikit lebih besar dari bulan purnama. Gambar ini disusun padaOktober 2011.